Jumat, 01 Februari 2008

Selayang Pandang

1. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tantangan global berpengaruh
    terhadap seluruh sector, termasuk sector pendidikan. SMK sebagai salah satu komponen satuan pendidikan juga tidak terlepas dari pengaruh tersebut.

2. SMK Shalahuddin sejak awal berdiri tahun 1969 berkonsentrasi pada program studi AKUNTANSI dan di tahun 2004 membuka jurusan baru yaitu PARIWISATA dengan program keahlian AKOMODASI PERHOTELAN.

3. SMK harus senantiasa berbenah diri dan selalu mengadakan pengembangan menuju ke arah pembaharuan di tengah perubahan social masyarakat yang sangat kompetitif.Usaha kearah itu terus diupayakan tanpa kenal lelah oleh semua praktisi di lingkungan SMK Shalahuddin. Sehingga pada tahun 2005/2006 SMK Shalahuddin telah mendapat pengakuan resmi dari pemerintah, dengan menjadi Nominator sebagai Sekolah
Berstandard Nasional (BSN) dan terakreditasi "A"

4. Hal yang menggembirakan bagi SMK Shalahuddin Malang dari tahun ke tahun adalah

a) Semakin meningkatnya respon masyarakat akan eksistensi lembaga ini terbukti dari banyaknya   masyarakat yang mempercayakan puta – putrinya untuk menempuh studi di SMK Shalahuddin .
b) Program studi yang ditawarkan sangat cocok dengan lowongan kerja atau studi pada jenjang perguruan tinggi.Sehingga banyak dan mudahnya akses bagi lembaga untuk bekerjasama dengan stakeholder dan pihak-pihak lain,
c) Karir para lulusannya mempunyai prospek lebih siap berkarir sebagai tenaga Administrasi, Kasir, Keuangan, Akuntan, Operator Komputer, Kepegawaian, Bankir, Koperasi, baik di instansi pemerintah /swasta sebagai wirausaha, atau bahkan kuliah di Perguruan Tinggi.
d) Sedangkan karir para lulusan di Akomodasi Perhotelan sangat kompeten untuk berkarir sebagai 
     Guide ( dengan berbahasa Inggris maupun Jepang), pegawai hotel,
     Pegawai biro pariwisata, wirausaha restoran/kafe atau bahkan kuliah ke Perguruan Tinggi

PROFIL SMK SHALAHUDDIN MALANG


VISI MISI SMK SHALAHUDDIN I MALANG


VISI
Mewujudkan tamatan yang islami, berjiwa mandiri , trampil, berintelektualitas tinggi, berorientasi internasional dan berwawasan lingkungan
MISI

a.Sebagai lembaga pendidikan memiliki komitmen yang tinggi untuk ikut serta mewujudkan generasi mendatang yang berkualitas, memiliki akhlak mulia, profesional dan tangguh dalam persaingan akademik dan dunia kerja, kreatif, serta adaptif dalam menyikapi perkembangan IPTEK di era global
b.Membentuk lingkungan pendidikan di sekolah yang mampu menumbuhkan dan meningkatkan kualitas keagamaan siswa.
c.Menyiapkan calon tenaga trampil khususnya di bidang AKUNTANSI dan PERHOTELAN
d.Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga siswa berkembang secara optimal, sesuai potensi yang dimiliki.
e.Mengembangkan kemampuan dan mengaktualisasikan potensi sesuai talenta dan minat siswa dalam semua bidang, baik akademik maupun non akademik.
f. Melakukan pembinaan siswa secara intensif dalam segala bidang/cabang bidang baik akademik maupun nonakademik agar memiliki wawasan ilmu pengetahuan teknologi dan seni (IPTEKS) yang didasari iman dan taqwa (IMTAQ)

Profil SMK Shalahuddin Malang
1. Nama Sekolah                                : SMK Shalahuddin  Malang
2. Status                                              : Swasta Terakreditasi “A”
3. Nama Kepala Sekolah                    : Samsudin, S.Ag,M.Pd

4. Nama Ketua Komite Sekolah         : Drs. Masnur Hidajat.
5. Alamat Sekolah                              :
a. Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 10 Malang
b. Desa / Kelurahan             : Klojen
c. Kecamatan                       : Klojen
d. Kota                                 : Malang
e. Propinsi                            : Jawa Timur
f. Nomor Telepon dan Fax   : (0341) 325727
g. Alamat Email  : smk_shalahuddin1@yahoo.co.id
h. Alamat Web    : www.smksashalahuddin.blogspot.com


SAMBUTAN

Alhamdulillahi robbil ‘alamin
Salam silaturahmi dan sejahtera kami sampaikan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan selalu sukses dalam menjalankan tugas sehari-hari. Aamiin
Kami panjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT, yang senantiasa memberikan rahmat dan karunia-Nya , sehingga Website sekolah ini dengan alamat www.smksashalahuddin.blospot.com dapat kami perbaharui.
Kami mengucapkan selamat datang di Website kami Sekolah Menengah Kejuruan Shalahuddin Malang. Website ini kami tujukan untuk seluruh unsur pimpinan, guru, karyawan dan siswa serta khalayak umum guna dapat mengakses seluruh informasi tentang segala profil, aktifitas/kegiatan serta fasilitas sekolah kami.
Kami selaku pimpinan sekolah mengucapkan terima kasih kepada tim pembuat Website yang telah berusaha untuk dapat lebih memperkenalkan segala perihal yang dimiliki oleh sekolah. Dan tentunya, Website sekolah kami masih terdapat banyak kekurangan, oleh karena itu kepada seluruh  civitas akademika dan masyarakat umum dapat memberikan saran dan kritik yang membangun demi kamajuan Website ini lebih lanjut.
Saya harap website ini dapat dijadikan wahana interaksi yang positif baik antar civitas akademika maupun masyarakat pada umumnya sehingga dapat menjalin silaturahmi yang erat di segala unsur.
Mari kita bekerja dan berkarya dengan mengharap ridho Sang Kuasa dan keikhlasan yang tulus dari jiwa demi anak bangsa.Terima kasih
Semoga Allah Azza Wa Jalla meridhoi doa kita semua....aamiin.


Tentang SMK Shalahuddin Malang

SEJARAH SINGKAT SMK SHALAHUDDIN .
SMK Shalahuddin semula bernama “SMEA NU”, yang didirikan oleh PMII Kombes IKIP Malang di bawah naungan LP Ma’arif NU,
Personalia Panitia Persiapan Pendirian Sekolah sbb: 
Penasehat                : Drs. M. Soedomo 
Ketua I                       : Asmuni Ali BA 
Ketua II                      : Sukadi Rachman 
Ketua III                     : Imam Hanafi 
Sekretaris I                : Masnur Hidajat 
Sekretaris II               : Syamsul Islam. 
Pembantu Umum    : Martono BA ; Abdul Munif BA 

SMEA NU berdiri tanggal 01 Januari 1969,
Disahkan berdasarkan surat keputusan PP Ma’arif NU tanggal 20 Januari 1969,              No :PP/II-X/B/I/69, dengan alamat Jalan Celaket 10 Malang (sekarang Jagung Suprapto No 10).
Susunan Pengurus SMEA NU sebagai berikut: 
Pelindung                 : Bapak Walikota / KDH Kodya Malang 
Penasehat                : KH. Oesman Mansur ; Drs. Soedomo 
Ketua I                        : Drs. Abd. Rachman 
Ketua II                      : Fatchullah BA 
Sekretaris I                : Munir Nachrowi B.Sc 
Sekretaris II               : Martono BA 
Bendahara I              : H. Syakir 
Bendahara II             : Andi da’sum 
Bendahara III            : H.Syamsul Arifin.

Pada tahun 1972 Nama “SMEA NU’ dirubah namanya menjadi ‘SMEA Raden Fatah” kemudian
Pada awal tahun 1973 dirubah lagi menjadi “SMEA NU” Shalahuddin.

Pada akhir tahun 1973 ganti nama “SMEA Shalahuddin” dengan status “Terdaftar”, berdasarkan SK Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan Kantor Wilayah Dep. P dan K Prop. Jawa Timur tanggal 18 Mei 1977 No. : 1339/B-3/71

Pembelajaran Salkoji

-Pembelajaran yang menggabungkan penerapan SAL (Searching Active Learning), Kontektual dan JIGSAW dengan komposisi yang berbeda
-Kaedah pembelajaran yang menggabungkan isi kandungan dengan pengalaman harian individu, masyarakat dan alam pekerjaan Serta membandingkannya dengan literature yang ada di perpustakaan
-Menyediakan pembelajaran secara konkrit melibatkan aktiviti Hands-On And Mind’son
-Pengaktifan kembali Rumah Baca secara kontinue

CIRI - CIRI TOERI PEMBELAJARAN SECARA SALKOJI
· murid dapat memproses pengetahuan baru dengan cara yang bermakna dalam menganalisa pengalaman yang dia alami
· Pembagian beberapa kelompok umum dan khusus dalam pelaksanaan pembelajaran
· Pengaktifan Perpustakaan
· Guru menyimpulkan dan membandingkan pengalaman siswa dan literature perpustakaan

Pendekatan Pembelajaran SALKOJI dapat mencungkil potensi kecerdasan murid dengan lebih berkesan, seperti Visual Ruang, Logika Matematik, Intrapersonal, Verbal Linguistik dan Natura lis serta kebiasaan membaca dan menjadi nara sumber.
Strategi SALKOJI Faedah kepada INDUSTRI:
o menerima tenaga kerja yang berpotensi
(murid diberi pengetahuan tentang industri yang berkaitan)
o menggerakkan industri ke dalam pendidikan ( melalui projek situasi yang sebenarnya, murid berinteraksi dengan bahan- bahan keperluan yang berkaitan)

STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF

“Inquiring Minds Learning With The Power Of Love Strategy (Membangkitkan minat dengan rasa cinta atau suka terhadap Objek serta subjek yang diajarkan”
Inquiring Minds Learning With The power of love strategy merupakan strategi sederhana yang dapat dipakai untuk menciptakan hubungan yang hangat terhadap guru dan siswa serta dapat membuat rasa kecintaan atau kesukaan terhadap pelajaran yang diberikan oleh seorang guru kepada siswa. Tujuannya adalah membangkitkan semangat dan minat siswa untuk aktif didalam proses belajar mengajar. Selama ini terkadang siswa cenderung malas,tidak semangat,dan pasif ketika proses belajar mengajar berlangsung karena tidak adanya kedekatan antara guru dengan siswanya dan hal itu pula yang mempengaruhi rasa suka atau tidak sukanya siswa kepada pelajaran tersebut. Karena hal ini pulalah yang menyebabkan para siswa kurang bisa menangkap pelajaran yang diberikan, maka diciptakanlah Inquiring Minds Learning With The power of love strategy.
Langkah-langkah :
1. Setiap kali anda Memulai suatu pelajaran harus dimulai dengan membuka pelajaran yang menyenangkan sebelum masuk pada materi kuliah yang lebih serius. Yakni dengan memperhatikan Gaya mengajar yang bisa menarik perhatian siswa, penggunaan media mengajar yang berkaitan dengan materi dan adanya interaksi antara guru dengan siswa.
2. Timbulkanlah motivasi siswa dengan membawa media pengajar yang anda bawa.
3. Buat dan Lemparkan beberapa Pertanyaan kepada seluruh siswa terhadap media yang dibawa. Biarkan mereka menjawab sesuai pendapat mereka masing- masing terlebih dahulu. Perhatikan antusias dan minat terhadap pertanyaan tersebut.
Misalnya :
Ø Kegunaan (“Siapa yang tau guna alat yang ibu bawa ini ?” )
Ø Pengetahuan sehari-hari (“Siapa yang bisa menjelaskan Kenapa Alat
Bisa mengangkat kayu yang beratnya berton-ton?”)
Ø Aplikasi teori (”Bagaimana alat ini bisa menggerakan handlingnya ?”)
4. Beri batas waktu untuk mereka berpikir dan mejawab.
5. Jangan terbawa emosi bila diantaranya ada yang menjawab dengan salah, biarkan mereka berkreasi terhadap jawaban yang mereka punya terhadap pertanyaan anda. Tugas anda adalah menampung setiap jawaban mereka dan biarkan mereka bertanya-tanya terhadap jawaban yang sebenarnya.
6. Gunakan Pertanyaan tersebut sebagai Bridge atau penghubung terhadap materi yang akan anda ajarakan kepada siswa pada hari itu.
7. Beri jawaban yang benar dan buatlah kaitan antar aspek yang relevan dan membandingkan pengetahuan yang diketahui siswa dengan pengetahuan baru yang anda jelaskan tersebut.
8. Jika menurut anda siswa-siswa sudah cukup termotivasi dengan pelajaran hari ini beralihlah kepada pokok pelajaran yang akan anda berikan hari itu.