Rabu, 02 Desember 2009

Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif ,dan Menyenangkan (PAIKEM)

PAIKEM dan Kurikulum Berbasis Kompetensi
Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif ,dan Menyenangkan (PAIKEM), sejauh mana PAIKEM mendukung pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)dan KTSP).
Apakah PAIKEM menjamin ketuntasan belajar sesuai yang dituntut KBK?..................


PAIKEM dan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif ,dan Menyenangkan (PAIKEM), sejauh mana PAIKEM mendukung pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)dan KTSP). Apakah PAIKEM menjamin ketuntasan belajar sesuai yang dituntut KBK?
Dengan PAIKEM, pelaksanaan pembelajaran jauh lebih mendalam daripada menggunakan cara konvensional (guru banyak berceramah). Dengan demikian PAKEM akan meningkatkan berbagai kemampuan seperti dituntut oleh KBK. Apakah dengan PAIKEM semua materi pelajaran dapat terselesaikan?. Salah satu kelebihan PAIKEM adalah melatih kemandirian siswa dalam belajar termasuk keterampilan mencari dan memanfaatkan informasi.
Pendalaman pelajaran dilakukan dengan bimbingan langsung dari guru, sedangkan materi yang kurang esensial dapat dibaca sendiri oleh siswa. Dengan jalan demikian tidak perlu khawatir semua materi tidak dapat diselesaikan

Apakah PAIKEM sudah menghasilkan anak pandai mengingat daya pikir anak sangat berbeda beda?
Selama ini, dengan pembelajaran cara lama, semua anak sering diperlakukan sama oleh guru baik dalam pelaksanaan KBM maupun evaluasi. Salah satu kelebihan PAKEM adalah memberikan pelayanan kepada siswa dengan kemampuan berbeda beda. Dengan PAIKEM, anak pandai, sedang, dan kurang semuanya diusahakan meningkatkan kemampuan masing masing. Negara negara maju yang sudah menerapkan PAKEM dengan baik menghasilkan orang orang pandai yang melakukan berbagai penelitian dan menghasilkan penemuan penemuan baru yang bermanfaat bagi umat manusia di seluruh dunia.
Apakah PAIKEM menjamin keberhasilan siswa?
Keberhasilan siswa selama ini hanya dilihat dengan menggunakan ukur-an UAN dan nilai tinggi NEM. Padahal kita semuanya mengetahui bahwa UAN hanya mengukur aspek kognitif saja (tingkat rendah dalam taksonomi Bloom).
Dalam PAIKEM, berbagai kemampuan siswa (belajar mandiri, bekerjasama, berpikir kritis, mencari informasi, memecahkan masalah, mengambil keputusan dsb) dikembangkan untuk memberikan bekal bagi mereka untuk terjun ke dunia modern yang penuh tantangan dan persaingan antar bangsa.
Apakah PAIKEM membuat KBM berhasil? Berapa lama?
KBM yang berhasil adalah KBM yang dapat meningkatkan berbagai kemampuan siswa. Kalau guru banyak berceramah, kemampuan yang dikembangkan pada diri siswa adalah kemampuan mendengarkan, mengingat, dan menjawab pertanyaan ingatan. Semuanya dengan daya retensi yang sangat rendah. Sebaliknya dengan PAIKEM, siswa akan terlatih mencari informasi,menyaring informasi, menggunakan informasi, berdiskusi, mengajukan pertanyaan, melakukan pengamatan, penelitian, percobaan , membuat laporan dsb. Kemampuan-kemampuan seperti itu kalau sudah terlatih, akan bertahan sepanjang hidup dan berguna