Jumat, 01 Februari 2008

STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF

“Inquiring Minds Learning With The Power Of Love Strategy (Membangkitkan minat dengan rasa cinta atau suka terhadap Objek serta subjek yang diajarkan”
Inquiring Minds Learning With The power of love strategy merupakan strategi sederhana yang dapat dipakai untuk menciptakan hubungan yang hangat terhadap guru dan siswa serta dapat membuat rasa kecintaan atau kesukaan terhadap pelajaran yang diberikan oleh seorang guru kepada siswa. Tujuannya adalah membangkitkan semangat dan minat siswa untuk aktif didalam proses belajar mengajar. Selama ini terkadang siswa cenderung malas,tidak semangat,dan pasif ketika proses belajar mengajar berlangsung karena tidak adanya kedekatan antara guru dengan siswanya dan hal itu pula yang mempengaruhi rasa suka atau tidak sukanya siswa kepada pelajaran tersebut. Karena hal ini pulalah yang menyebabkan para siswa kurang bisa menangkap pelajaran yang diberikan, maka diciptakanlah Inquiring Minds Learning With The power of love strategy.
Langkah-langkah :
1. Setiap kali anda Memulai suatu pelajaran harus dimulai dengan membuka pelajaran yang menyenangkan sebelum masuk pada materi kuliah yang lebih serius. Yakni dengan memperhatikan Gaya mengajar yang bisa menarik perhatian siswa, penggunaan media mengajar yang berkaitan dengan materi dan adanya interaksi antara guru dengan siswa.
2. Timbulkanlah motivasi siswa dengan membawa media pengajar yang anda bawa.
3. Buat dan Lemparkan beberapa Pertanyaan kepada seluruh siswa terhadap media yang dibawa. Biarkan mereka menjawab sesuai pendapat mereka masing- masing terlebih dahulu. Perhatikan antusias dan minat terhadap pertanyaan tersebut.
Misalnya :
Ø Kegunaan (“Siapa yang tau guna alat yang ibu bawa ini ?” )
Ø Pengetahuan sehari-hari (“Siapa yang bisa menjelaskan Kenapa Alat
Bisa mengangkat kayu yang beratnya berton-ton?”)
Ø Aplikasi teori (”Bagaimana alat ini bisa menggerakan handlingnya ?”)
4. Beri batas waktu untuk mereka berpikir dan mejawab.
5. Jangan terbawa emosi bila diantaranya ada yang menjawab dengan salah, biarkan mereka berkreasi terhadap jawaban yang mereka punya terhadap pertanyaan anda. Tugas anda adalah menampung setiap jawaban mereka dan biarkan mereka bertanya-tanya terhadap jawaban yang sebenarnya.
6. Gunakan Pertanyaan tersebut sebagai Bridge atau penghubung terhadap materi yang akan anda ajarakan kepada siswa pada hari itu.
7. Beri jawaban yang benar dan buatlah kaitan antar aspek yang relevan dan membandingkan pengetahuan yang diketahui siswa dengan pengetahuan baru yang anda jelaskan tersebut.
8. Jika menurut anda siswa-siswa sudah cukup termotivasi dengan pelajaran hari ini beralihlah kepada pokok pelajaran yang akan anda berikan hari itu.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar